Selasa, 19 Juni 2012

Sepasang Robot Bisa Siapkan Sarapan

Sepasang Robot Bisa Siapkan Sarapan
| Tri Wahono | Kamis, 16 Juni 2011 | 18:22 WIB


Dibaca: 203

Komentar: 0
|




Share:

TUM
Robot buatan Jerman ini bisa siapkan sarapan buat pemiliknya. Sementara pasangannya bisa berbelanja di minimarket.

KOMPAS.com — Sepasang robot bekerja sama mempersiapkan sosis jerman untuk sarapan. Uji coba ini bertujuan mengetahui kemampuan pengenalan dan mekanisme kontrol robot.

Robot bernama James yang dikembangkan para peneliti CoTeSys dan Technische Universitat Muenchen (TUM) pergi berbelanja di sebuah toko. Setelah selesai berbelanja, ia membawa bahan-bahan makan an ke robot lain bernama Rosie yang sedang merebus air, menunggu sosis matang sebelum diletakkan di dalam mangkuk. Sementara itu, James memotong roti dan menyediakan sarapan bagi para pembuat robot.

Baik Rosie maupun James menggunakan Kinect untuk bekerja menggunakan berbagai peralatan dapur. Menurut siaran berita yang diterbitkan Technical University Munich (TUM), robot-robot tersebut dapat belajar dari kesalahan. "Kemampuan mereka terus berkembang," demikian dijelaskan oleh TUM. (National Geographic Indonesia/Alex Pangestu)


Sumber :

Share
229





TOP STORIES

Hart: Tak Berguna Pikirkan Italia

Beckham Kalahkan Ronaldo dan Messi

Apa Hiburan Malam yang Harus Tutup...

LIPI Kembangkan Pisang...

Isu Stimulus Bikin Bursa AS...
Ada 0 Komentar Untuk Artikel Ini.


Kirim Komentar Anda
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan KOMPAS.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. KOMPAS.com akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

KOMPAS.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Silakan login atau register untuk kirim komentar Anda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar